Minggu, 26 Agustus 2007

Dialog Programming: Mengenal Screen Painter

Screen painter adalah editor untuk membuat ABAP screen (dialog program). Screen painter diakses melalui TCode SE51. Berbeda dengan ABAP list report yang berfungsi untuk menampilkan data, dialog program biasanya digunakan untuk entry data.

Arsitektur Screen painter terdiri dari:

1. Screen Attributes.
Mengubah nama screen, menentukan type screen (normal, subscreen).

2. Flow logic
Flow logic berfungsi mengatur alur program.
Contoh sederhana dari flow logic adalah sbb:
PROCESS BEFORE OUTPUT. MODULE PBO_module1.
MODULE PBO_module2.
PROCESS AFTER INPUT. MODULE PAI_module1.
MODULE PAI_module2.
Structure flow logic disusun berdasarkan event, untuk contoh di atas ada dua event yg digunakan, yaitu "process before output" (PBO) dan "process after input" (PAI).
Event PBO dieksekusi sebelum screen ditampilkan. Gunanya antara lain adalah menentukan toolbar apa saja yang muncul, judul windows, mengubah attribute dari object2 secara dinamis.
Event PAI dieksekusi sesudah user melakukan suatu action (menekan tombol, melakukan double klik, dll) pada screen. PAI digunakan untuk mengeksekusi command berdasarkan action.
Flow logic hanya berfungsi untuk mengatur alur program, sedangkan program-nya sendiri berada di tempat lain, module di-eksekusi berdasarkan urutannya secara sekuensial. Untuk membuat isi module double-click di nama module.

3. Layout Editor
Layout editor berfungsi untuk menyusun letak object2 pada screen. Ada 2 pilihan setting untuk layout editor, graphic & list. Yang lebih mudah digunakan adalah yg graphic, untuk mengubah setting, di SE51, pilih Utilities -> Setting, di tab screen painter centang checkbox "Graphical layout editor".

Layout Editor
Screen layout memiliki elemen sbb:
i. Daftar element / object : di kiri layout terlihat daftar object2 (lable, textbox, checkbox, dll), drag & drop ke screen untuk memasukan element (object) ke screen.
ii. Name & text
Di atas screen daftar elemen terlihat "Name" & "Text", ini berfungsi untuk memberi nama dan default value pada object.
iii. Attribute window
Di sebelah kiri tanda help (?) terlihat kotak kecil berwarna kuning dengan alt = "Attributes window" atau bisa diakses melalui menu Goto->Secondari Window->Attributes. Ini berfungsi untuk mengubah setting object, misal-nya mengubah text field menjadi read only.
iv. Dictionary / program field.
Di sebelah kiri tanda help (?) terlihat kotak kecil berwarna kuning dengan alt = "Dictionary / program fields", berfungsi membuat object type text dengan attributes refer ke field di data dictionary atau field yg sudah dideklarasikan di program.

4. Element list
Element list berisi element2/object yang ada di sceen. Bisa digunakan untuk mengubah attributes suatu object. Element list jarang digunakan karena attributes object lebih mudah dimaintain di Layout Editor.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks atas tulisannya mas.
menambah wawasan saya tentang SAP.

Anonim mengatakan...

Turut memajukan IT indonesia nih masss....

salam kenal dari saya.
www.abap-hr.co.cc

Abu Shifan mengatakan...

matur nuwun mas, bisa nambah ilmu ttg ABAP, aku baru belajar Abap di perusahaan.

Ilmu tidak untuk dibawa mati mengatakan...

ada website terbaru gak mas Ali ?

Serang mengatakan...

Mas Ali,
Saya ingin belajar SAP ABAP.
Bagaimana memulainya?
Bagaimana meng-install SAP ke PC saya.

Terima Kasih.

Obat Ejakulasi Dini paling Ampuh mengatakan...

nice and perfect

Obat Tradisional Jantung Bocor paling Ampuh mengatakan...

keren abis