Selasa, 14 Agustus 2007

Belajar ABAP

Apa itu ABAP?
ABAP (Advanced Business Application Programming) adalah bahasa pemrograman yang diperuntukkan membangun aplikasi SAP. SAP adalah suatu ERP dengan konsep open source. Seluruh program SAP yang ditulis dengan bahasa ABAP dapat dilihat oleh customer.


Untuk apa ABAP?
1. Membuat Report (ABAP report)
Walaupun SAP sudah menyediakan report2 standard. Namun terkadang report standard tersebut belum memenuhi kebutuhan customer yang sangat specific dan bervariasi.
2. Membuat form (SAP form)
Form adalah dokumen output dari SAP, contohnya adalah hasil cetak invoice, purchase order.
3. Menyesuaikan proses bisnis. (user exit, enhancement)
Terkadang proses bisnis yang sudah disediakan oleh SAP belum mencukupi. Contohnya, di perusahaan saya untuk membuat sales order, pembuatan sales order untuk material2 tertentu hanya bisa dilakukan untuk order type tertentu, hal ini tidak di-cover oleh SAP standard.
4. Memperbaiki bug SAP (implement SAP notes)
SAP memang tidak bersih dari bug, hal ini dimaklumi melihat perkembangan SAP yang terus menerus dan juga tingginya kompleksitas program. Untuk itu SAP menyediakan service berupa SAP notes. SAP notes adalah catatan2 tentang problem2 di SAP berikut solusi-nya.

Install SAP trial
Download ABAP trial

Sulitkah belajar ABAP?
Untuk mempelajari ABAP seluruh-nya memang tidak mudah. Namun sekedar untuk mempelajari syntax sederhana yang umum digunakan tidaklah sulit, karena ABAP memang dilengkapi syntax yang sangat mendukung reporting. Berikut contoh program untuk menampilkan sales order, sederhana bukan?.


report zgetsalesorder.
*deklarasi data
data t_report like tbl_salesorder occurs 10 with header line.
*ambil data
select * from tbl_salesorder into table t_report.
*tampilkan data
loop at t_report.
skip.
write t_report-salesorderno.
write t_report-kustomer.
endloop.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Halo mas Ali. Salam kenal. Nick saya Changkong.

Begini, saya adalah seorang pemula di ABAP. Selama 2 minggu

terakhir saya sudah mencoba melihat-lihat sintaks dari ABAP dan

membuat report sederhana.

Tetapi saat ini saya diharuskan belajar membuat Screen, yang

setangkap saya adalah seperti Windows Form yang ada di .NET atau

bahasa pemrograman umum lainnya.

Tapi jujur saja, saya LOST ketika mencoba

mempelajarinya. Alasannya karena menurut saya pembuatan screen di

ABAP tidak semudah pengalaman pemrograman saya sebelumnya; apalagi

dengan teknologi Visual Studio yang semakin lama semakin

mempermudah saja dengan prinsipnya "No Lines of Code".

Berangkat dengan skill set seperti itulah saya mencoba untuk

mempelajari screen. pada awalnya saya kaget, karena pada

pengerjaannya memerlukan switch transactions antara 38 dan 51.

Sudah begitu ABAP bukanlah sebuah bahasa yang strongly

typed
, seperti C#, which is pengalaman saya sebelumnya.

Nah, jika boleh (saya gak tau musti pakai kalimat apa lagi karena

sudah sangat bingung) bolehkan bapak membuat suatu series blog yang

mengajarkan screen programming? Kalau bisa saingan sama

geeks.netindonesia.net/blogs deh!

Maaf nih pak kalau saya agak rewel, karena saya tidak pernah

menemui kesulitan segiladalam mempelajari bahasa pemrograman

dan tools sebelumnya; baik waktu migrate dari C++ ke VB 6, Java,

maupun C#.NET.

Terima kasih ya pak!

Changkong
csharpindonesia@hotmail.com
www.friendster.com/fatbuthappy

alionzo mengatakan...

Halo Mas Changkong, salam kenal juga, thanks udah mampir..

Hehe.. memang kalau biasa di visual studio, begitu masuk ke ABAP agak2 bingung, karena beda dengan bahasa pemrograman lainnya..

Namun kalau sudah kenal ABAP, banyak juga kemudahan di ABAP, khusus-nya di data processing.

Masalah pindah SE38 (list editor), SE51 (screen editor), bisa di-atasi dengan fasilitas "Double click navigation".
Jadi, misal dari screen SE38, command untuk memanggil screen adalah "CALL SCREEN 100". Untuk masuk ke screen tersebut cukup double click di angka 100, otomatis screen akan pindah ke tcode SE51, screen 100. Kalau di perform (function), double klik di nama perform-nya, screen akan pindah ke isi form-nya.

thanks atas masukannya..
saya akan coba buat di post saya selanjut-nya untuk "Screen programming", tunggu saja, mudah2an sebelum next weekend sudah jadi..

Anonim mengatakan...

Hi mas Ali,

Saya rekruitment konsultan di sebuah headhunter (Consult Group). saat ini saya sedang mencari seorang ABAP developer untuk sebuah Multi national consumer goods company. Mungkin mas ali ada rekan2x yang berminat, bisa hubungi saya di rachmat.basuki@consultgroup.net

thx. Rachmat

Anonim mengatakan...

Halo Mas Ali, Saya Toni di Yogyakarta.

Saya punya permohonan nih Mas.
Saya lagi berencana mo join ABAP Workshop yang insya ALLAH mulai tanggal 9 juni. Background saya dari accounting. Saya ragu tentang bagaimana nanti harus menghadapi bahasa2 program nanti.
Klo dikasih nilai kesulitan di range 1 mpe 10, belajar ABAP tu ada dmana ya? Bingung bener nih. Tapi, aku exiciting banget.
Klo boleh saya minta Mas Ali bisa jadi dosen pembimbing saya disela2 kesibukan Mas Ali? (Kayaknya bakal ngerepotin Mas ALi banget nih saya).
Boleh saya minta imel Mas Ali untuk sarana konsultasi?
Trus ada saran ga buat saya untuk mempersiapkan diri buat menghdapi bahasa2 program? (Buku2 atau referensi website gt Mas).

Thanks banget ya Mas.
Mohon balasannya.

Best Regard,
Toni.
satrya_gibraltar@yahoo.co.id

ecep mengatakan...

Halo Mas, salam kenal nama saya ecep. Baru nemu Blogs-nya Mas Ali, mo nimrung ah..
Sudah beberapa tahun ini kerjaan saya memang di ABAP, tapi sulit mengembangkan karena tuntutan kerjaan selama ini hanya buat report & Form (point-1 & 2 fungsi ABAP). Pengen memperdalam ABAP Object, User Exits, dll. Mungkin Mas Ali punya Tutorial yang bisa saya fahami.

Thank's before

Salam,
Ecep Kusmiadi
ecep_kusmiadi@yahoo.com

serang mengatakan...

Hallo Mas Ali,
Saya ingin belajar SAP ABAP.
Bagaimana memulainya?
Bagaimana meng-install SAP ke PC saya.

Terima Kasih.
serang_awan@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Salam kenal mas ali, saya mau tanya untuk softwarenya apa bisa didownload? Mohon dibantu mas